Recent Post

Studi Biota dan Ekosistem Laut 2018

This photo is taken by AllWinner's v3-sdv   This photo is taken by AllWinner's v3-sdv

This photo is taken by AllWinner's v3-sdv   This photo is taken by AllWinner's v3-sdv

Dalam rangka untuk memberikan pengalaman dan menambah wawasan biota dan kelautan melalui praktik lapangan bagi peserta didik Kelas X (Sepuluh) SMAN 3 Unggulan Kayuagung, maka pada tahun 2018 sekolah mengadakan kegiatan studi lapangan dengan tema Studi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem Laut 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 156 peserta didik kelas X dan 20 orang guru pendamping. Dalam pelaksanaannya, peserta didik bekerja dalam kelompok yang didampingi oleh 1 guru pembimbing.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari mulai dari 31 Oktober 2018 hingga 4 November 2018. Pada tahun 2018, kegiatan studi lapangan ini diadakan di Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan yang dilakukan berupa observasi dan pengamatan langsung pada keanekaragaman hayati dan kekayaan laut serta maritim Indonesia. Kegiatan tersebut diharapkan mampu menunjang mata pelajaran terkait, yaitu :

  1. Biologi (Biota dan Keanekaragaman Hayati) : Terfokus pada observasi biota yang ditemukan. Kegiatannya berupa identifikasi klasifikasi ilmiah dari biota yang ditemukan, habitatnya dalam ekosistem, serta ciri fisiologi maupun morfologinya.
  2. Kimia (Lingkungan dan Pengawetan) : Observasi dilakukan untuk melihat secara langsung bagaimana konservasi ekosistem laut tercipta serta faktor yang dapat mengancam kerusakan ekosistem laut.
  3. Geografi (Formasi Pantai dan Abrasi Laut) : Observasi pada bentuk pantai yang terbentuk akibat abrasi laut, serta identifikasi formasi batuan disekitar pantai.
  4. PKWU (Kearifan Lokal dan Wirausaha Laut) : Observasi pada wirausaha yang dapat dikembangkan disekitar lokasi laut baik bersifat kelautan maupun kemaritiman.

Pada studi ini, peserta didik yang belum mendapatkan data yang cukup untuk laporan dapat menambah data biota pada Museum Air Tawar di TMII jakarta. Di museum tersebut sebanyak 156 peserta didik dapat mengeksplor langsung satwa air tawar yang ada di museum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*