Rabu, 27 Januari 2021, SMA Negeri 3 Kayuagung mengadakan Sosialisasi Asesmen Nasional Bagi Guru dengan tujuan sebagai bentuk pengimbasan kemampuan guru mata pelajaran kelas X dan XI diLingkungan SMA Negeri 3 Kayuagung. Seperti yang diketahui sesuai dengan arahan Mendikbud Asesmen Nasional 2021 adalah bentuk pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah madrasah dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Dimana ada 3 poin dalam asesmen nasional diantaranya AKM (Asesmen Kompetensi Minimun), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan, pada bagian AKM (Asesmen Kompetensi Minimun) peserta didik difokuskan pada kemampuan literasi dan numerasi tanpa menghilangkan makna mata pelajaran itu sendiri. Kemampuan literasi itu sendiri merupakan kemampuan memahami, menggunakan,mengevaluasi , merefleksi berbagai jenis teks untuk menyelesaiakan suatu masalah. Sedangkan kemampuan numerasi merupakan kemmpuan berpikir menggunakan, konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah kontekstual.

Sosialisasi asesmen nasional dilaksanakan di Ruang Guru SMA Negeri 3 Kayuagung, dan kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Bapak Kepala SMA Negeri 3 Kayuagung H. Anis Joko Santoso, S.Pd., M.M, dalam pembukaan beliau menginformasikan “Sebanyak 50 siswa kelas XI sudah dipilih sebagai sampel acak sekolah kita, 45 siswa sebagai peserta dan 5 orang sebagai cadangan. Namun adanya perubahan jadwal assesmen yang seharusnya dilaksanakan awal Maret ini yang pelaksanaanya di undur awal September maka secara otomatis kelas X yang sekarang akan dipilih menjadi sampel berikutnya karena dalam aturan kelas XI untuk jenjang SMA. Dengan hal ini guru diharapkan untuk membantu siswa untuk menalar dan numerasi sebagai kemampuan yang di fokus dalam Asesmen Nasional.”

Sosialisasi ini dilakukan agar semua guru dapat meningkatkan kemampuan siswa literasi dan numerasi, yang bisa dimulai dengan membiasakan guru memberi soal-soal latihan dalam kegiatan pembelajaran untuk menunjang kemampuan tersebut. Soal yang di buat tidak harus dalam bentuk satu pilihan ganda, bisa bentuk soal lainnya yaitu soal pilihan ganda kompleks, soal dropdown, soal isian singkat, soal esai, soal dikombinasikan dengan wacana multi tab, dan soal drag and drop.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.
https://zona131.com/
sawer138
daftar hokimulu
https://jbg.sumbatimurkab.go.id/sgacor/