Pada hari Kamis, 16 September 2021 SMAN 3 Unggulan Kayuagung melaksanakan kegiatan Launching Kelas Digital dengan tema “Optimalisasi Teknologi Digital dalam Pendidikan di Era Industri 4.0”. Kelas digital yang dirintis oleh Bapak H. Anis Joko Santoso, S.Pd., M.M. bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi digital di era saat ini pada praktik pembelajaran di kelas. Kegiatan peresmian ini menjadi titik tolak kemajuan pembelajaran didalam kelas. Kegiatan dini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Riza Fahlevi, M.M, Kepala Bidang SMA Bapak H. Masherdata Musai’i, S.H., M.Si., Kasi Kurikulum Dr. Parmin, S.Pd., M.M., Pengurus MKKS Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), serta beberapa Kepala SMA/MA Kabupaten OKI.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan doa oleh Bapak Drs. Machrus, M.Pd.I. Kemudian kegiatan diisi dengan Webinar dengan pemateri Prof. Chuzaimah, D.Diem, MLS, Ed.D., yang saat ini aktif sebagai Dosen di Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sriwijaya. Beliau menyampaikan pentingnya literasi dan digitilasisasi di era saat ini. Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi absen siswa menggunakan QR Code yang ada di kartu pelajar masing-masing siswa. Hasil absen langsung terintegrasi kedalah spreadsheet di drive google sekolah, sehingga bisa di pantau langsung oleh admin.

Selanjutnya adalah sambutan dari Kepala SMAN 3 Unggulan Kayuagung yang didampingi oleh Ketua Komite Sekolah, Bapak H. Aboe Amin Thaher. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa di tahun 2021-2022 ini SMAN 3 Unggulan Kayuagung memberanikan diri untuk merintis terbentuknya kelas digital ini meskipun baru terbentuk 1 kelas. Kedepan tentu akan dilakukan pembenahan dan perluasan kelas digitial untuksetiap kelas secara bertahap. Untuk itu dukungan dari orang tua, komite, pemangku kebijakan dan segenap pihak lain sangat diperlukan. Beliau juga mengucapan terimakasih kepada Ketua Komite yang telah memberikan support bersama orang tua peserta didik sehingga dapat terwujud Program Kelas Digital ini. Tentu saja arahan, koordinasi, bimbingan dan dukungan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan sangat diperlukan demi tercapainya kelas digital yang sesuai dengan tujuan dan manfaat.

Kegiatan berikutnya dalah sambutan sekaligus peresmian kelas digital oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Riza Fahlevi, M.M. Dalam sambutannya beliau mewakili jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terwujudnya kelas digital di SMAN 3 Unggulan Kayuagung. Hal ini tentu menjadi sebuah trend positif, bahwa segenap orang tua dan wali peserta didik telah mengerti pentingnya pendidikan sebagai investasi masa depan. Trend ini selayaknya menjadi percontohan bagi sekolah-sekolah yang berada di Sumatera Selatan khususnya, agar terwujud lulusan sekolah yang cerdas dan memiliki keterampilan dalam teknologi digital. Memang masih butuh proses dan waktu yang Panjang untuk mencapainya, namun dengan adanya kelas digital ini maka menjadi tanda pergerakan setahap demi setahap. Kemudian beliau meresmikan kelas digital SMAN 3 Unggulan Kayuagung dengan menandatangani prasasti kelas digital yang kemudian dilakukan sesi foto bersama.

Sebagai kegiatan simulasi kelas digital, peserta didik melakukan tes menggunakan tablet dan media layer digital dikelas. Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Erifal S.Pd. dengan menggunakan aplikasi Quizziz. Kegiatan simulasi ini disaksikan langsung oleh seluruh tamu undangan sebagai gambaran singkat tentang bagaimana nantinya pembelajaran di kelas digital dilakukan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*