Akhir Maret 2021 tepatnya di tanggal 30-31 Maret 2021, SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) kembali berpartisipasi pada berbagai perlombaan dalam hal ini adalah anggota PIK-R SMAN 3 Unggulan Kayuagung dalam ajang lomba Ajang Kreatifitas GENRE SINERGI Sumatera Selatan yang diadakan oleh BKKBN Provinsi Sumatera Selatan. Tidak hanya sebagai peserta, merekapun berhasil membawa pulang berbagai kemenangan sebagai delegasi SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) dan juga sebagai perwakilan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Sesuai dengan kegiatan tersebut, SMAN 3 Unggulan Kayuagung mendelegasikan 16 peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler PIK-Remaja sebagai tim PIK-R OKI, yaitu 7 orang putra dan 9 orang putri. Ibu Hariyani, S.Pd., M.Pd., selaku pembina ekstrakurikuler PIK-R Tunas Bangsa sekaligus pelatih untuk kegiatan PIK-R Jambore Ajang Kreativitas ini telah melakukan persiapan atau latihan bersama 16 delegasi tersebut selama satu minggu. Beliau terus memberikan nasihat atau masukan kepada delegasi selama masa persiapan hingga pada tanggal 30 Maret 2021 dilaksanakan pelepasan tim PIK-R OKI oleh BKKBN Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Delegasi peserta PIK-R Kabupaten OKI berangkat ke Palembang setelah melakukan prosesi pelepasan yang diwakili oleh Wakil Bidang Kesiswaan Bapak Ondrizal, S.Pd., M.Si. Kegiatan tersebut untuk mengikuti acara pembukaan PIK-R Jambore Ajang Kreativitas ini, didampingi oleh pihak BKKBN Kabupaten OKI serta Ibu Fitriah, S.Pd dan Ibu Anisa, Amd.Kep dari SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI). Acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan perlombaan selama 2 hari sehingga seluruh Tim PIK-R dari perwakilan Kabupaten di Sumatera Selatan bermalam di Asrama Haji Palembang untuk mengistirahatkan tubuh. Pada tanggal 31 Maret 2021, setelah seluruh perlombaan selesai dilaksanakan, pemenang lomba pun diumumkan dan SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) dinyatakan sebagai Juara I Outbound (Jelajah Genre), Juara Harapan I Tiktok, dan sebagai Tim Terbaik Kontingen.

Ibu Hariyani, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa beliau merasa cukup puas dan senang akan kemenangan yang telah diperoleh dan berharap dapat meraih kemenangan yang lebih dari saat ini untuk kegiatan PIK-R Jambore tingkat Nasional yang kemungkinan akan dilaksanakan akhir tahun 2021.

Masih di bulan Maret yaitu pertengahan bulan tanggal 13-14 Maret 2021, SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) juga berpartisipasi dalam Lomba gema Muhammadiyah nasional ke-II (logamnas), yaitu kegiatan lomba Kepramukaan yang diadakan oleh Kwarnas lewat rencana UKM Kepramukaan Universitas Muhammadiyah agar dapat mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki anggota kepramukaan khususnya di bidang kepramukaan.

Peserta merupakan dari tingkatan Pramuka Penggalang SD, Pramuka Penggalang SMP, dan Pramuka Penegak SMA terbuka untuk seluruh jenjang pendidikan Indonesia dalam berpartisipasi perlombaan tersebut. SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) mengirim delegasi untuk mengikuti lomba Desain Poster Pa/Pi, LTBB Pa/Pi, dan Iklan Layanan Masyarakat Pa/Pi. Pada tanggal 4 – 9 Maret 2021, para delegasi menyiapkan lomba mulai dari persiapan konsep, rekaman, desain dan editing yang untuk kemudian dikirim secara online di tanggal 13 maret 2021 di bawah arahan pembina putra Bapak Lettorba, S.Pd., M.Si. dan pembina putri Ibu Atun Nurul Izzati, S.Kom., M.Pd. Setelah persiapan sampai pengiriman di tanggal 14 Maret 2021 panitia logamnas melakukan pengumuman pemenang secara zoom dan live mulai jam 20.00 WIB sampai 22.30 WIB. Dari pengumuman ini, SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) memenangkan juara 3 lomba Iklan Layanan Masyarakat Putri.

Tidak hanya Ekstrakurikuler PIK-R dan Pramuka, Ekstrakurikuler Paskibra SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) juga ikut mengharumkan nama sekolah, yaitu dengan terpilihnya peserta didik sebagai pasukan pengibar Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2021. Pengibaran Bendera Merah putih sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan Negara Indonesia. Untuk itu diperlukan pasukan pengibar bendera di setiap tahunnya, maka setiap tahun pemerintah daerah, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat selalu melakukan seleksi pasukan pengibar bendera yang di ikuti oleh siswa/siswi SMA/SMK untuk kelas 10 dan 11 yang nantinya akan berpartisipasi mengibarkan sang saka Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2021.

Hampir seluruh sekolah SMA/SMK/MA sederajat di kabupaten OKI berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) telah mengirimkan 10 siswa dan 10 siswi yang akan menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti seleksi Tingkat Kecamatan pada tanggal 17 Maret 2021 lalu. Pada seleksi Tingkat Kecamatan tersebut, 5 siswa dan 6 siswi SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) lulus dan selanjutnya akan kembali dilakukan seleksi Tingkat Kabupaten pada tanggal 22 – 25 Maret 2021. Pada seleksi Tingkat Kabupaten tersebut, sebanyak 1 siswa dan 5 siswi lulus seleksi dan dari 6 yang terpilih ada 1 siswi yang dinyatakan lanjut seleksi ke Tingkat Provinsi untuk mewakili Kabupaten OKI. Dimana 6 orang yang terpilih tersebut sebelumnya telah ditempa selama 10 hari bersama calon peserta lainnya untuk proses seleksi dilakukan oleh pembina Paskibra Ibu Rofita Prahasanti, M.Pd. dan Bapak Firman Saputra, S.Pd., seleksi pertama adalah seleksi sekolah selama seminggu dengan memilih 10 putra dan 10 putri sebagai perwakilan sekolah untuk mengikuti proses seleksi kedua di Kecamatan Kayuagung, dari hasil seleksi kedua terpilih 11 orang yang kemudian ikut seleksi ketiga yaitu seleksi terakhir tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir di GOR Perahu Kajang tanggal 22-24 Maret 2021.

Bapak H. Anis Joko Santoso, S.Pd., M.M., selaku Kepala SMAN 3 Unggulan Kayuagung (UPT SMAN 5 OKI) mengucapkan rasa bangga kepada para pemenang karena meski dalam keadaan pandemi covid-19 tetap dapat mengikuti kegiatan tersebut. Beliau juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para delegasi dan pembina Ekstrakurikuler karena telah berjuang dan bekerja sama untuk menorehkan prestasi, mengharumkan nama sekolah saat ini.

Rep. Pramuka dan Paskibra RickeDN.
Foto dari berbagai sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.