SMAN 3 Unggulan Kayuagung Siap - ISO 9001:2008Kayuagung – ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya. (Wikipedia)

ISO berasal dari kata Yunani ISOS yang berarti sama, kata ISO bukan diambil dari singkatan nama sebuah organisasi walau banyak orang awam mengira ISO berasal dari International Standard of Organization, sama sekali BUKAN. ISO 9001 merupakan standard international yang mengatur tentang sistem management Mutu (Quality Management System), oleh karena itu seringkali disebut sebagai “ISO 9001, QMS” adapun tulisan 2008 menunjukkan tahun revisi, maka ISO 9001:2008 adalah system manajemen mutu ISO 9001 hasil revisi tahun 2008. Pertanyaan berikut yang muncul, apakah ISO sering mengalami revisi ? jawabnya : YA. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, terutama semakin luasnya dunia usaha, maka kebutuhan akan pengelolaan system manajemen mutu semakin dirasa perlu dan mendesak untuk diterapkan pada berbagai scope industry yang semakin hari semakin beragam. Versi 2008 ini adalah versi terbaru yang diterbitkan pada Desember 2008 lalu.

Organisasi pengelola standard international ini adalah International Organization for Standardization yang bermarkas di Geneva – Swiss, didirikan pada 23 February 1947, kini beranggotakan lebih dari 147 negara yang mana setiap negara diwakili oleh badan standardisasi nasional (Indonesia diwakili oleh KAN). (Infometrik)

Sebagai salah satu syarat untuk menuju ke Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), SMAN 3 Unggulan Kayuagung telah menyiapkan diri untuk kegiatan ISO 9001:2008 yang merupakan standar Manajemen Mutu didalam suatu organisasi, dalam hal ini bidang akademik dan pendidikan. Salah satu upaya yang tengah ditempuh oleh SMAN 3 Unggulan Kayuagung adalah dengan menghadirkan konsultan dan melakukan sosialisasi tentang apa itu ISO 9001:2008 dan bagaimana penerapan nya di bidang akademik dan pendidikan.

Dalam sosialisasi kemarin (Kamis, 16 Juni 2011), Acara sosialisasi ISO 9001:2008 diisi oleh Ibu Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I., narasumber dari STMIK MDP Palembang, dan dihadiri juga oleh staff dan dewan guru SMAN 3 Unggulan Kayuagung.

Mari sukseskan ISO 9001:2008, SMAN GAUL Bisa…



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...