Klick Gambar untuk ke Galeri Photo

 

JAKARTA – Pada tanggal 25-29 september 2015, PARLEMEN REMAJA mengadakan kegiatan yang merupakan agenda tahunan SEKJEN DPR RI yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Untuk mengikuti acara tersebut, peserta wajib mengirimkan essay dan data prestasi (CV) terlebih dahulu. Seleksi dilakukan diseluruh Indonesia dan pada tahun 2015 seleksi Parlemn Remaja diikuti oleh 2114 peserta dari 34 provinsi se Indonesia dan hanya diambil 136 peserta yang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Setelah dinyatakan lolos, peserta diundang langsung untuk mengikuti kegiatan tersebut yang bertempat di wisma kopo DPR Puncak Bogar dan gedung DPR Jakarta.

Dari Provinsi Sumatera Selatan terjaring 4 siswa yang lolos seleksi, yakni 2 orang siswa dari SMAN 3 Unggulan Kayuagung bernama Heri Kurniawan (XII IPA 2) dan Rionaldo (XII IPA 2) serta 2 orang lagi dari SMA PLUS 2 Banyuasin III.

Kegiatan dihari pertama (senin, 26 september 20115), peserta mendapatkan pembekalan materi yang dilakukan oleh ibu SEKJEN DPR RI dan dari pihak KEMENTRIAN PERTANIAN (Kepala Badan Penyuluhan) dari jam 07.00-22.30. Seluruh Peserta PARLEMEN REMAJA diberi gelar DUTA PARJA DPR RI.  kemudian ditanggal 27 peserta sebanyak 136 turun langsung kelapangan untuk mewawancarai para petani di balai pertanian puncak Bogor, yang dibagi menjadi 3 kelompok. Selanjutnya agenda di tanggal 28 ialah acara puncak dimana peserta yang sebelumnya tinggal di wisma kopo DPR Bogor lalu dibawa menuju kegedung DPR RI yang bertempat di ibu kota jakarta pada pukul 04.30 WIB. Setelah sampai peserta langsung diarahkan untuk acara pembukaan digedung pertemuan, pukul 09.00 acara tersebut dibuka oleh bapak ketua DPR RI . setelah itu peserta melakukan tour museum yang dipanndu oleh kesekretariatan DPR, lalu menuju ke acara inti yaitu Simulasi SIDANG PARIPURNA DPR RI. Tetapi sebelumnya peserta terlebih dahulu dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri atas kelompok LEGISLASI (Pembuat UU) dan kelopmpok PENGAWASAN (mengawasi Jalannya UU) untuk melakukan simulasi sidang. Setelah mendapat keputusan dari sidang LEGISLASI dan PENGAWASAN pada pukul 13.00 peserta menuju gedung NUSANTARA 2 DPR untuk melakukan simulasi sidang Paripurna dan berakhir pada pukul 16.00. setelah melakukan berbagai rangkaian kegiatan, peserta Parlemen Remaja 2015 dibwa menuju ke UI untuk bermalam dan tour kampus UI. Ditanggal 29 sebelum peserta pulang kedaerah masing-masing peserta terlebih dahulu diajak untuk berkeliling UI dan melihat perpustakaan terbesar diASIA yang terletak di Universitas Indonesia. Kemudian, peserta diantar menuju kebandara SOEKARNO-HATTA dan perpisahan, lalu seluruh peserta parlemen remaja kembali ke daerah masing-masing.

Pesan yang disampaikan Heri Kurniawan & Rionaldo (DUTA PARJA DPR RI 2015) berharap, agar ada penerus mereka yang mengikuti kegiatan tersebut, terkhusus kepada Siswa-siswi SMAN 3 KAYUAGUNG untuk terus melanjutkan estafet sebagai DUTA PARJA DPR RI. Karena kegiatan Parlemen Remaja sangatlah bermanfaat dan dapat dijadikan acuan untuk mengetahui tatanan negara selain itu agar dapat menciptakan generasi penerus yang berkualitas (Heri.red)

Pemuda Hari Ini adalah Pemimpin Masa Depan



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...