SMAN 3 Kayuagung kembali mewakili provinsi Sumatera Selatan menjadi peserta Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR RI tingkat nasional. Lomba Cerdas Cermat yang diadakan pada tanggal 9-19 Agustus 2015 ini diikuti oleh 34 SMA/Sederajat dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Dalam hal ini, setiap provinsi diwakili oleh 1 tim yang tediri dari 10 orang dan 2 orang pendamping, yakni guru pembimbing dan perwakilan diknas provinsi masing-masing.

Perlombaan yang berpusat di Gedung MPR RI ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Bpk. Eddie Siregar di Gedung Nusantara IV. Beliau menyampaikan bahwa, LCC ini tidak hanya sebuah ajang untuk mencari juara nasional, tetapi juga untuk menumbuhkan persatuan bangsa melalui para pelajar dari Sabang sampai Merauke.

Untuk tahun 2015 ini, sistem perlombaan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana, babak tematik diubah menjadi babak topik kasus, yakni setiap tim diharuskan menjawab pro/kontra terhadap sebuah mosi yang diberikan. Sedangkan untuk babak benar/salah dan satu lawan satu tidak mengalami perubahan.

Tim LCC 4 Pilar SMAN 3 Kayuagung yang dibimbing oleh Ibu Dra. Dewi Pergawati berhasil melaju hingga babak semifinal. Sedangkan yang menjadi Juara Nasional adalah SMAN 1 Mojokerto provinsi Jawa Tengah. Selain lomba cerdas cermat, terdapat lomba hiburan, seperti lomba senam kedaerahan dan lomba gerak jalan mengitari komplek gedung MPR RI. Disamping itu, peserta menghadiri acara sidang tahunan MPR, mengikuti upacara 17an di Istana Negara dan juga field trip seperti Kunjungan ke Monas, Dufan dan Taman Buah Mekarsari.

Bapak Wapres Jusuf Kalla yang hadir pada babak Grand Final sekaligus menutup Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Nasional tahun 2015 berpesan agar setiap peserta dapat mengimplementasikan nilai-nilai kehidupan berbangsa dalam kehidupan sehari-hari dan diharapkan seluruh peserta dapat terus bersemangat membuat prestasi demi kemajuan bangsa Indonesia. (Sella Islamiah.red)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...