Kayuagung, 27 september 2016 atas dukungan Presiden Joko Widodo tentang gagasan untuk menerapkan sistem sekolah sepanjang hari atau full day school, pemerintah menerapkan sistem  ini pada 500 sekolah di Indonesia, salah satunya di Provinsi Sumatera Selatan. Adapun sekolah yang menjadi model untuk uji coba sistem full day school ini adalah SMAN 3 Kayuagung, SMAN SUMSEL, SMAN 17 Palembang, dan SMAN 2 Sekayu.

SMAN 3 Kayuagung mendukung dengan diterapkannya sistem full day school, dengan harapan para siswa dan siswi dapat berperan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan yang menumbuhkan pendidikan karakter yang lebih baik lagi. Seperti adanya ekstrakulikuler untuk mengembangkan potensi siswa, sehingga mengurangi resiko para siswa yang berperilaku negatif.

Selain adanya kegiatan ekstrakulikuler, SMAN 3 Kayuagung telah menerapkan sistem Full Day School melalui asrama sejak tahun 2001. Siswa kelas X, XI, dan XII diwajibkan untuk tinggal di asrama selama 3 tahun atau Full Boarding. Sekolah berasrama saat ini telah mampu menampung siswa dari berbagai latar belakang yang berbeda dari kultur budaya, daerah, suku dan agama dengan keadaan sangat kondusif untuk membangun wawasan nasional dan siswa terbiasa berinteraksi sosial yang menerapkan kebijakan berasrama para siswa mendapatkan bimbingan penuh dan menumbuhkan kemandirian para siswa. (Melinia.ed)

 

Hal ini dapat terlihat dari pengakuan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Bapak Drs. Widodo, M.Pd. pada berita Sumsel Terapkan Full Day School di republika online.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...