Palembang, Universitas Sriwijaya Fakultas Hukum bekerja sama dengan Mahkamah Konstitusi mengadakan kegiatan “Peranan Mahkamah Konstitusi dalam Mengawal Demokrasi dan Politik Ketatanegaraan Indonesia”. Dilangsungkan tanggal 19-24 Oktober 2015 bertempat di Universitas Sriwijaya.

Kegiatan ini mempunyai 2 ajang perlombaan yaitu Debat Konstitusi dan Fotonovela. SMAN 3 Unggulan Kayuagung mengirimkan 2 tim debat, yaitu Rafiqah Nur Viviani, Helen Juwita Sari, Desi Puspita Sari, Muksin, Heri Kurniawan, dan Rionaldo. Serta 1 tim Fotonovela, yaitu I Nyoman Gandhi Sumerta, Fikri Al Kausar, dan Angga Junialdo Maliki.

Prestasipun diraih oleh tim Fotonovela sebagai Juara 1 lomba Fotonovela. Nyoman mengucapkan ini merupakan pengalaman pertama dalam mengikuti lomba Fotonovela, karena sebelumnya tim mereka sering mengikuti lomba photografer dan film pendek, dan mereka bersyukur bisa memenangkan serta mengalahkan kakak-kakak di Universitas. (Rafiqah.red)

Klick Gambar ke Galeri Photo

Dilanjutkan Sabtu, 24 Oktober 2015 yaitu kegiatan Seminar konstitusi dengan tema “Peranan Mahkamah Konstitusi dalam Mengawal Demokrasi dan Politik Ketatanegaraan Indonesia” di ballroom hotel Grand Athyasa Convention Center Palembang. Peserta dari seminar tersebut cukup banyak diantaranya adalah dari beberapa fakultas di UNSRI dan sejumlah SMA di Sumatera Selatan, salah satunya SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung.

Acara ini dihadiri langsung oleh hakim MK RI yakni Dr. Patrialis Akbar, S.H., M.H. Beliau memberikan kata sambutan sekaligus pemaparan mengenai peranan mahkamah konstitusi dalam mengawal demokrasi dan politik ketatanegaraan Indonesia. Kata sambutan sekaligus pemaparan tersebut, beliau lakukan selama 30 menit, setelah itu beliau langsung beranjak pergi karena ada kegiatan lain dan tidak bisa mengikuti acara hingga selesai.

Dalam seminar konstitusi tersebut diundang 3 narasumber ternama, yaitu Dr. Zen Zanibar, M.Z., S.H., M.H. mengajar HTN dan fil hokum pasca Unsri dan Univ. Pancasila Jakarta, Kemudian Dr. Ferbrian yang membahas tentang kebakaran, bencana asap, dan hak konstitusi atas lingkungan yang sehat, dan Prof. Amzulian Rifa’i, S.H., LLM., Ph., D.

Seminar tersebut berjalan dengan lancar, suasana dalam pelaksanaannya tenang, para peserta antusias dalam seminar itu dengan aktif melontarkan pertanyaan kepada ketiga narasumber yang hadir. (Faqih.red)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...