Sejarah SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung
Kabupaten Ogan Komering Ilir

SMA Negeri 3 Unggulan Kabupaten Ogan Komering Ilir semula adalah SPG Negeri Kayuagung yang kemudian SPG tersebut dihapus sesuai dengan program pemerintah, untuk itulah pada tahun 1991 Pemerintah menginstruksikan gedung SPG dijadikan SMA 3 Kayuagung.

 

Kemudian dengan SK Kakanwil Depdiknas Provinsi Sumatera Selatan: 129/I.II/KP/2000 tanggal 24 Januari 2000 ditetepkan sebagaiSMA Unggulan Kabupaten Ogan Komering Ilir dan mulai menerima siswa baru sejak Tahun Pelajaran  2000/2001.

Mulai bulan Januari 2003 atau semester genap Tahun Pelajaran 2002/2003 SMAN 3 Unggulan Kayuagung telah menempati gedung baru yang terletak di Jalan Letnan Sayuti Kelurahan Kedaton dan seluruh Siswa telah menempati asrama yang telah disediakan lengkap denga fasilitasnya, dan selama 24 jam dibawah pengawasan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan guru-guru dalam Komplek SMA Unggulan.

Pada tahun ajaran 2008/2009 SMAN 3 Kayuagung ditunjuk sebagai salah satu Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan akan menyiapkan peserta didik berdasarkan standar nasional pendidikan di Indonesia yang bertaraf Internasional.

Kelengkapan sarana dan prasarana meliputi fasilitas Lapangan olahraga, Laboratorium (Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer,  Laboratorium fisika, Laboratorium kimia, Laboratorium biologi, dan Laboratorium multimedia),  Perpustakaan, Ruang UKS, Ruang keterampilan, dan Ruang KRR. Fasilitas pembelajaran juga meliputi jaringan internet LAN dan Wifi pada lingkungan sekolah dan ruang kelas sudah terpasang LCD.