Bertempat di Halaman Pemda OKI, Selasa 17 Agustus 2010, berlangsung Upacara Detik-detik Proklamasi dalam rangka Peringatan HUT RI Ke-65 di Kab. OKI. Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati OKI Ir. H. Ishak Mekki, MM dan Komandan Upacara Iptu Apromiko, SH, serta Perwira Upacara Kapten Heri Lawata, SH. Hadir dalam acara tsb Wakil Bupati OKI, Ketua DPRD Kab. OKI, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. OKI, Unsur Muspida, Sekda, Asisten, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian di lingkungan Pemkab. OKI, para perwira TNI/Polri, Korpri, Dharma Wanita, Persit, Bhayangkari Kab. OKI, Sat. Pol PP, BUMN/BUMD, para Veteran, Ormas/Orpol, para Kepala Sekolah dan Pelajar SMP dan SMA se Kec. Kota Kayuagung.

Acara tsb juga dimeriahkan dengan Aubade Lagu-Lagu Wajib oleh seluruh Pelajar se-Kayuagung dan Marching Band SMA N 3 Unggulan Kayuagung.

Adapun Petugas Pengibaran Bendera Pusaka yang tergabung dalam Pasukan Paskibraka Indonesia (PPI) Kab. OKI tahun 2010 yang bernama  Pasukan Nusantara terdiri dari perwakilan berbagai SMA di Kab. OKI dengan Komandan Pasukan Paskibraka Dwika Putra Destara (SMAN 3 Unggulan Kayuagung), Pembawa Baki Retno Widyastuti (SMAN 3 Unggulan Kayuagung), Penggerek Bendera Nanda Wahyu Santoso (SMAN 3 Unggulan Kayuagung), Pengatur Tali Aceng Kartubi (SMAN 1 Pangkalan Lampam) dan Pembentang Bendera Rudi Sopyansyah (SMAN 1 Jejawi).

Dalam kesempatan tsb, Bupati OKI Ir. H. Ishak Mekki, MM menyerahkan Piagam Penghargaan secara simbolis kepada 10 orang PNS dari 70 orang di lingkungan Pemkab. OKI yang Pensiun Tahun 2010.

Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, acara dilanjutkan dengan Tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kesuma Negara Kayuagung. Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0402/OKI Letkol. Inf. Yan Namora dan Komandan Upacara Kapten Inf Amzah Askani, serta Perwira Upacara Kapten Arm Komara. Hadir dalam acara tsb Bupati OKI, Wakil Bupati OKI, Ketua DPRD Kab. OKI, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. OKI, Unsur Muspida, Sekda, Asisten, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian di lingkungan Pemkab. OKI, para perwira TNI/Polri, Korpri, Dharma Wanita, Persit, Bhayangkari Kab. OKI, Sat. Pol PP, para Veteran, Ormas/Orpol.

Dilanjutkan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Raja. Hadir dalam acara tsb Bupati OKI dan OI, Wakil Bupati OKI, Ketua DPRD OKI dan OI, Sekda OKI, Unsur Muspida,  Asisten, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian di lingkungan Pemkab. OKI serta OI, dan Kepala Lapas Tanjung Raja.

Kepala Lapas Tanjung Raja Drs. Gufroni, Bc.IP, M.Si dalam sambutannya mengatakan jumlah penghuni lapas pada saat ini 685 orang napi. Kapasitas gedung lapas tanjung raja sudah padat dan tidak lagi sesuai dengan penghuni lapas yang ada pada saat ini, ditambahkannya pada tahun 2010 ini pemerintah memberi remisi atau cuti bersyarat kepada penghuni lapas. Diakhir sambutannya Kepala Lapas Tanjung Raja memohon dukungan dari pemerintah daerah serta masyarakat untuk menjadikan Lapas Tanjung Raja menjadi tempat untuk pemulihan masyarakat dan bagi para napi yang akan bebas pada hari ini diharapkan tidak mengulangi perbuatannya dan dapat berguna bagi negara dan masyarakat.

Bupati OKI, Ir H. Ishak Mekki, MM dalam sambutannya mengatakan, kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Raja yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Republik Indonesia ke-65 dimana nantinya terdapat narapidana yang akan memperoleh remisi atau pengurangan masa tahanan dan ada pula yang akan memperoleh surat bebas. Untuk itu Bupati OKI mengucapkan selamat kembali ke lingkungan masyarakat bagi narapidana yang telah bebas dan kepada narapidana yang masih harus melanjutkan masa tahanan, Bupati OKI berharap agar tetap bersabar dan hukuman ini hendaknya dijadikan renungan untuk memperbaiki diri. Dan bagi narapidana yang akan menghirup udara bebas agar dapat mengamalkan apa yang telah diperoleh selama di Lapas, baik bidang kerajinan maupun bidang agama.

Sementara itu Sambutan dari Menteri Hukum dan Ham RI yang dibacakan oleh Bupati OI, Ir. H. Mawardi Yahya mengucapkan selamat kepada para warga binaan yang telah menjalani masa hukumannya dengan kesadaran dan kesabaran. Dan penghargaan sebesar-besarnya kepada pegawai Lapas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan sepenuh hati. Dikatakan pemberian remisi harus dijadikan pembelajaran diri agar menjadi lebih baik lagi, bukan sebagai pengurangan hukuman saja. Diharapkan warga binaan yang bebas pada hari ini agar dapat menjadi individu yang lebih baik lagi.

Diberikan remisi 1 bulan kepada 163 orang napi, remisi 2 bulan kepada 88 orang napi, remisi 3 bulan kepada 134 orang napi, remisi 4 bulan kepada 24 orang napi, remisi 5 bulan kepada 18 orang serta remisi 6 bulan kepada 1 orang napi. Dalam Kesempatan ini juga diberikan santunan kepada 13 orang napi yang akan bebas pada hari ini.

Pada sore harinya dilaksanakan Penurunan Sang Merah Putih, bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati OKI H. Engga Dewata Zainal, S.Sos dan Komandan Upacara Kapten Inf Piyanto, serta Perwira Upacara Kapten Inf Zainuri. Hadir dalam acara tsb Bupati OKI, Ketua DPRD Kab. OKI, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. OKI, Unsur Muspida, Sekda, Asisten, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian di lingkungan Pemkab. OKI, para perwira TNI/Polri, Korpri, Dharma Wanita, Persit, Bhayangkari Kab. OKI, Sat. Pol PP, BUMN/BUMD, para Veteran, Ormas/Orpol, para Kepala Sekolah dan Pelajar SMP dan SMA se Kec. Kota Kayuagung.

Upacara tsb juga dimeriahkan dengan Aubade Lagu-Lagu Wajib oleh seluruh Pelajar se-Kayuagung dan Marching Band SMA N 3 Unggulan Kayuagung. Adapun Petugas Pengibaran Bendera Pusaka yang tergabung dalam Pasukan Paskibraka Indonesia (PPI) Kab. OKI tahun 2010 yang bernama  Pasukan Nusantara terdiri dari perwakilan berbagai SMA di Kab. OKI dengan Komandan Pasukan Paskibraka Nanda Wahyu Santosa  (SMAN 3 Unggulan Kayuagung), Pembawa Baki Sriyanti Septiani (SMAN 1 Tanjung Lubuk), Penggerek Bendera Yanuar Fadli (SMAN 1 Kayuagung), Pengatur Tali Ade Anwar (SMAN 1 Air Sugihan) dan Pembentang Bendera M. Derry Ajidarmo (SMAN 2 Kayuagung).

Rangkaian memperingati HUT RI Ke-65 diakhiri dengan Doa Bersama (Sholat Isya, Sholat tarawih, Tausiah, dan Doa Bersama) dengan menghadirkan penceramah dari Jakarta Muhammad Usman Ansori (Koko Lim). Acara ini dihadiri oleh Bupati OKI, Wakil Bupati OKI, Ketua DPRD Kab. OKI, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. OKI, Unsur Muspida, Sekda, Asisten, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian di lingkungan Pemkab. OKI, para perwira TNI/Polri, Korpri, Dharma Wanita, Persit, Bhayangkari Kab. OKI, Sat. Pol PP, para Veteran, Ormas/Orpol.

Bupati OKI Ir. H. Ishak Mekki, MM dalam sambutannya mengatakan Doa Bersama ini adalah rangkaian akhir dari seluruh rangkaian dalam memperingati HUT RI Ke-65. Bupati mengatakan malam ini kita berdoa bersama atas hasil yang diperoleh selama ini dan perlu diingat bahwa apa yang kita rasakan saat ini adalah hasil dari usaha para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga dalam melawan para penjajah. Bupati menambahkan sudah banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Pemerintah Kab. OKI diantaranya bidang pendidikan, agama, ekonomi dll, dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menggerakan roda pemerintahan oleh karena itulah peran aktif masyarakat sangat diharapkan.

Dalam kesempatan ini Bupati OKI memberikan bingkisan kepada 150 orang veteran dan pepabri.

Sumber : http://www.kaboki.go.id/index.php/release/pengibaran-sang-merah-putih.html



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...