Kayuagung – Ambalan Penegak atau sering hanya disebut ambalan adalah satuan organik dalam Gerakan Pramuka yang terdiriPelantikan AMBALAN Pramuka 2014 - Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) di SMA NEGERI 3 KAYUAGUNG atas paling banyak 32 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak dibagi dalam 4 sangga yang masing-masing sangga terdiri atas 6 – 8 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak merupakan tempat pembinaan Pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak. Gerakan Pramuka menghimpun anggotanya dalam satuan dan kwartir. Satuan terdepan dalam pembinaan peserta didik adalah Gugusdepan. Dalam Gugusdepan yang lengkap terdapat Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega. Namun jika tidak memungkinkan, sebuah gugusdepan boleh hanya memiliki salah satu satuan saja semisal Ambalan Penegak. Pembentukan ambalan ini bertujuan untuk memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakan dan pengarahan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka Penegak (Wikipedia)

Pada kesempatan kali ini segenap civitas SMAN 3 Unggulan Kayuagung melakukan pelantikan anggota pramuka untuk tahun 2014. Anggota nya terdiri dari siswa dan siswi kelas X, XI, dan XII yang tergabung kedalam kegiatan ekstrakurikuler PRAMUKA yang diadakan di SMAN 3 Unggulan Kayuagung.

Dalam sambutan nya sebagai pembina upacara, Bapak H. Abdul Gofar, S.Pd., M.PdI memberikan binaan dan arahan bahwa Pramukan merupakan salah satu kegiatan positif yang sangat baik diberikan pada salah satu kegiatan ekstra di sekolah. Beliau juga mengatakan bahwa “Pramuka dapat membentuk kepribadian siswa”, karena dengan menjadi anggota pramuka, siswa didik untuk disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab.

Pada kesempatan ini juga, hadir juga dari beberapa pembina pramuka yang pada sekolah-sekolah lain, hal ini menunjukkan bawah pramuka merupakan wadah organisasi positif yang membangun silaturahmi akademis.

Salam Pramuka…



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...