Recent Post

Karya Tulis dan Literasi Siswa

fw_logo

Karya Tulis dan Literasi Siswa

Di SMAN 3 Unggulan Kayuagung, kegiatan literasi telah dikembangkan menjadi Program Karya Tulis dan Literasi Siswa (KATULISTIWA). Semester ganjil tahun 2015/2016 adalah tahap awal pelaksanaan literasi (pembiasaan) dimana sekolah mengalokasikan 15 menit sebelum KBM dan mengadakan perpustakaan mini pada setiap kelas. Semester genap tahun 2015/2016 sekolah menetapkan kebijakan bahwa literasi telah masuk pada tahap kedua, dimana pada akhir semester siswa ditugaskan mengumpulkan resensi/esai/ ringkasan dari buku yang telah dibaca. Pada tahap selanjutnya, sekolah ingin masuk pada tahap berikutnya yaitu literasi terintegrasi pada setiap tahap pembelajaran. Meskipun belum terintegrasi seluruhnya, sekolah membuat program agar literasi dapat tertuang melaui program penulisan karya tulis. Untuk itu, program KATULISTIWA dibuat oleh SMAN 3 Unggulan Kayuagung untuk memfasilitasi siswa dan siswi yang mengembangkan kemampuan literasinya yakni dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Dalam hal ini tulisan yang sarat akan kegiatan literasi dalah karya tulis ilmiah. Program KATULISTIWA hadir memberikan jembatan penghubung kegiatan literasi siswa dan karya nyata yang dihasilkan. Pada akhir pelaksanaan, diharapkan siswa dan siswi mampu membuat sebuah karya tulis ilmiah baik bersifat penelitian maupun non penelitian. Sebagai sekolah percontohan untuk implementasi kurikulum kemaritiman, maka program ektrakurikuler KATULISTIWA ini  mencakup program-program dan kegiatan untuk mengimplementasikan program dan budaya sekolah bermuatan kemaritiman.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini terbagi menjadi dua, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek menitik beratkan pada pengetahuan, keterampilan dan sikap yang akan didapatkan siswa dalam waktu satu semester. Tujuan jangka panjang mengacu pada keterampilan non-akademik yang diperoleh siswa untuk dipergunakan bagi masa depannya.

  1. Jangka Pendek
  • Menumbuhkan budaya baca dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia disekolah.
  • Mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis referensi ilmiah dari hasil membaca (literasi)
  • Melatih kemampuan siswa dalam menerapkan pola pikir kritis, kreatif dan sesuai kaidah ilmiah.
  • Mengembangkan kemampuan siswa dalam menyusun dan mempertanggung jawabkan sebuah karya tulis.
  • Menumbuhkan nilai-nilai kemaritiman dan budaya bahari dikalangan peserta didik.
  1. Jangka Panjang
  • Mempersiapkan siswa dan siswi SMAN 3 Unggulan Kayuagung untuk dapat berpartisipasi pada kegiatan lomba karya tulis baik tingkat daerah maupun tingkat nasional termasuk kegiatan-kegiatan lomba karya tulis bidang kemaritiman.
  • Mempersiapkan siswa dan siswi SMAN 3 Unggulan Kayuagung untuk dapat menyusun karya tulis ketika mereka menempuh jenjang kuliah atau lebih tinggi lagi.
  • Membekali kecakapan hidup dalam bidang karya tulis yang berperan sangat penting dalam dunia sains, termasuk bidang-bidang kemaritiman.


 

Program KATULISTIWA merupakan akronim dari 2 program sekolah terkait dengan literasi. Maka dalam pelaksanaannya ada 2 kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik. Kegiatan tersebut adalah :

  1. Karya Tulis
  2. Adalah kegiatan menyusun, mengkaji, menulis dan mempertanggung jawabkan karya tulis dalam forum. Dalam pelaksanaannya setiap perserta didik dibantu oleh guru pembimbing. Termasuk karya tulis dalam bidang kemaritiman. Kegiatan karya tulis dilaksanakan sepanjang semester dan ujian dilakukan pada akhir semester dengan tempat dan waktu yang dialokasikan oleh penanggung jawab program. Kegiatan karya tulis di bimbing oleh guru mata pelajaran dengan bidang terkait. Koordinator pelaksana dari program kegiatan ini adalah Budiono, S.Pd., M.Si.

  1. Literasi Siswa
  2. Merupakan program yang digalakkan oleh kementrian pendidikan untuk mengalokasikan waktu selama 15 menit sebelum jam pertama pelajaran guna membaca buku dan referensi tentang kemaritiman. Di SMA Negeri 3 Kayuagung program ini disertai dengan tagihan berupa resume/ ringkasan dari buku yang dibaca oleh peserta didik yang dikumpulkan setiap bulan pada tanggal 9. Kegiatan literasi dimana salah satu tema bacaan yang wajib dibaca oleh peserta didik adalah tentang kemaritiman dilaksanakan oleh koordinator literasi dibantu oleh guru mata pelajaran yang mengajar pada jam pertama. Untuk mengumpulkan tagihan berupa resume, koordinator dibantu oleh wali kelas.

  • Koordinator Kelas X    : Heriyadi, M.Pd.
  • Koordinator Kelas XI   : Dra. Nurfianti, M.Pd.
  • Koordinator Kelas XII : Hj. Marmiyanah, M.Pd.

Prosedur pelaksanaan kegiatan KATULISTIWA dapat dilihat halaman berikut.