Kebebasan Menembus Batas 2012, Tema yang digaungkan oleh Jambore Film Pendek, yang diprakasai oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rangkaian kegiatan Jambore Film Pendek ini untuk menggalakkan industri kreatif dengan  mempertemukan komunitas film pendek se-Indonesia. Salah satu provinsi yang diundang adalah Komunitas Film yang berada di Sumatera Selatan, dalam hal ini perwakilan dari Komunitas Aliansi Film GAUL Kayuagung (SMAN 3 Unggulan Kayuagung) adalah Rofita Prahasanti, Atun Nurul Izzati dan Dwi Atmaja Bagus juga 3 orang dari Komunitas PML Palembang (Palcomtech Movie Lovers).

Kegiatan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan (BuPer) Cibubur Jakarta Timur tepatnya lokasi Graha Wisata Wisata, mulai tanggal 21 s.d 27 November 2012. Acara ini diharapkan dapat menjadi ruang apresiasi dan presentasi bagi sineas muda berbakat dan menumbuhkan kreatifitas pembuat film independen dalam meningkatkan produksi film pendek di Indonesia.

Narasumber yang didatangkan para sineas yang sudah berpengalaman seperti Slamet Rahardjo, Deddy Mizwar, Asmirandah, Happy Salma, Lukman Sardi. Dengan beragam kegiatan mulai dari seminar, workshop, dan bursa film, selama kegiatan para komunitas film dioajak untuk mengembangkan kreatifitas yang ada.

Hari pertama kegiatan diisi dengan persiapan stand bursa film masing-masing daerah. Bursa film ini sendiri adalah suatu sarana untuk masing-masing daerah menampilkan karya-karya mereka. Para pengunjung stand nantinya bisa melihat secara langsung karya-karya yang dibuat oleh sineas masing-masing daerah. Selain menampilkan film-film pendek yang telah dibuat oleh perwakilan setiap daerah, di stand ini juga menampilkan produk-produk khas dari daerah masing-masing dalam bentuk makanan, kerajinan, dan lain-lain. Untuk Stand Sumatera Selatan (Palembang) sendiri diisi dengan menampilkan hasil film pendek yang telah dibuat oleh siswa-siswi SMAN 3 Unggulan Kayuagung dibawah Komunitas Aliansi Film GAUL Kayuagung khususnya Ekstrakurikuler English Club SMAN 3 Unggulan Kayuagung dan Komunitas PML Palembang. Stand Palembang berisikan kerajinan khas Palembang yaitu baju jumputan yang dibuat oleh siswa-siswi SMAN 3 Unggulan Kayuagung.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...