In House Training (IHT) Pengimbasan Implementasi Kurikulum 2013Kayuagung – Dunia pendidikan Indonesia sudah berkembangan cepat, perkembangan ini ditandai dengan berubah nya sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Perubahan ini pun terjadi pada kurikulum yang ada, yang selama ini menggunakan kurikulum KTSP 2006 menjadi kurikulum yang baru yaitu Kurikulum 2013.

Terdapat beberapa perubahan mendasar dari  kurikulum 2006 ke kurikulum 2013, yaitu ;

  1. Penataan Pola Pikir
  2. Pendalaman dan Perluasan Materi
  3. Penguatan Proses
  4. Penyesuaian Beban

Sedangkan elemen yang berubah antara lain

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi
  3. Standar Poses
  4. Standar Penilaian

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.  Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring
Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses hasil belajar menggunakan Penilaian autentik (Authentic Assessment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan

Kesimpulan :  secara konseptual, kurikulum 2013 jelas ada perubahan signifikan. Perubahan itu tentunya dimaksudkan untuk menjadikan pendidikan menjadi lebih baik. Tapi Sejujurnya, pemahaman akan kurikulum 2013 bagi guru, masih sangatlah kurang. Tidaklah cukup dalam waktu yang singkat sabagai salah satu materi Diklat Online. Meskupun begitu, adanya materi kurikulum 2013 pada diklat online yang dilaksanakan oleh P4tk Matematika Yogyakarta, membuat guru yang tadinya tidak tahu sama sekali dengan kurikulum 2013, akan menjadi tahu. Dan bagi yang sudah tahu bahkan sudah mengikuti diklat khusus, dapat membagi pengalaman dan pengetahuannya, serta saling berbagi (Dikutip dari : edukasi kompasiana)

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir yang diwakili oleh Bapak M. Sabid, S.Pd., M.Si., selaku Kabid SMP, SMA, SMK. Pada kesempatan ini juga telah dihadiri Pemateri kegiatan, yaitu Bapak Drs. H. Alimin Aslan, M.M selaku Pengawas SM dan Bapak Anis Joko Santoso, S.Pd., M.M yang selaku Wakil Kurikulum SMAN 3 Kayuagung.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...