Pelantikan PMR oleh Ibu Bupati OKISenin 19 Maret 2012. Bertempat di Halaman SMAN 3 Unggulan Kayuagung dilanjutkan di SMPN 6  Kayuagung, Hj. Tartilah Ishak selaku ketua PMI Cabang OKI melantik Anggota Palang Merah Remaja SMAN 3 Unggulan SMPN 6 dan Kayuagung. Hadir dalam acara ini Pengurus PMI Kabupaten OKI, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala, Guru dan Siswa SMAN 3 Unggulan dan SMPN 6 Kayuagung.

Tartilah menyampaikan bahwa Palang Merah Remaja atau PMR merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia dalam hal ini PMI Ogan Komering Ilir. Palang Merah Remaja bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah yang berhubungan dengan kesehatan umum dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Oleh karenanya menurut Tartilah anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI. “Dengan pembinaan ini kita berharap Anggota PMR dapat menjadi contoh dalam berperilaku hidup sehat, anggota PMR dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat, Anggota PMR sebagai pendidik remaja sebaya dan anggota PMR adalah calon relawan masa depan”. ujar Tartilah.

Dalam kesempatan ini Tartilah melantik sebanyak 154 siswa  anggota PMR SMAN 3 Unggulan Kayuagung dan 53 orang  anggota PMR SMPN 6 Kayuagung serta menyerahkan masing-masing 1 unit tenda dan perlengkapannya bagi PMR SMAN 3 Unggulan dan SMPN 6 Kayuagung.

Setelah melantik anggota PMR, bertempat di Gedung Serba SMAN 3 Unggulan Kayuagung Hj. Tartilah Ishak menghadiri Pelatihan Hypno Heart Teaching yang diprakarsai oleh Yayasan Bina Insani Kayuagung bekerjasama dengan SMAN 3 Unggulan Kayuagung.  Selaku Ketua Yayasan Bina Insani Kayuagung dalam sambutannya Tartilah menyampaikan bahwa pembinaan dan pelatihan yang berkesinambungan bagi para pendidik merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan yang tentunya ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Sejak awal kepemimpinan Bp. Ishak Mekki menurut Tartilah Pembangunan bidang Pendidikan merupakan prioritas pemerintah Kabupaten OKI. Oleh karenanya untuk menyukseskan dan mendukung program pemerintah Kabupaten OKI didirikan Yayasan Bina Insani Kayuagung yang membina TK, SD, SMP dan SMA Bina Insani Kayuagung serta Pondok Pesantren Darul Qur’an sebagai sarana pendidikan bagi generasi muda. Pelatihan bagi guru-guru ini menurut Tartilah tentunya akan sangat bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru dalam mengajar dan sangat bermanfaat bagi  siswa dalam belajar sehingga siswa menjadi senang bersekolah, dan menjadi insan cerdas yang luar biasa. Oleh karenanya Tartilah menyambut baik dan sangat mendukung dilaksanakannya pelatihan ini dan berharap kegiatan positif seperti ini dapat terus dilaksanakan.

Bupati OKI yang diwakili oleh Asisten dua Setda OKI, Drs. Edward Chandra dalam sambutannya mengatakan keberhasilan pembangunan pendidikan di suatu daerah diukur dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat setempat. Sejak awal kepemimpinan Bapak Ir. H. Ishak Mekki, MM bidang pendidikan memang merupakan prioritas pembangunan selain program lainnya. Wujud keberhasilan ini dapat dilihat dari tingginya angka melek hurup masyarakat OKI yang kini mencapai angka 97,88%,  dan penurunan angka buta hurup yang telah mencapai 2,12% sedangkan angka partisipasi sekolah masih berkisar 6,75 tahun. Masih rendahnya angka partisipasi sekolah ini menurut Edwar merupakan tantangan bagi Pemerintah Kabupaten OKI. Oleh karenanya Bapak Bupati menurut Edwar senantiasa berpesan agar setiap anak usia sekolah yang tidak bersekolah agar mendapatkan pendidikan. Hal ini untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah masyarkat OKI yang berujung pada semakin meningkatnya IPM masyarakat OKI.

Sumber : kaboki.go.id



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...